Penilaian dari program Wirausaha Merdeka adalah satu atau beberapa proses mengidentifikasi, mengumpulkan, dan mempersiapkan data beserta bukti-buktinya untuk mengevaluasi proses dan hasil belajar dari peserta program Wirausaha Merdeka dalam rangka pemenuhan Capaian Pembelajaran Lulusan.
Berikut adalah teknik penilaian berdasarkan Prinsip penilaian sesuai dengan SN-Dikti:
No | Prinsip Penilaian | Pengertian |
1 | Edukatif | Penilaian yang memotivasi mahasiswa peserta Wirausaha Merdeka agar mampu:
|
2 | Otentik | Penilaian yang berorientasi pada proses belajar yang berkesinambungan dan hasil dari bisnis yang dijalankan yang mencerminkan kemampuan Mahasiswa sebagai peserta Wirausaha Merdeka pada saat proses pembelajaran berlangsung. |
3 | Objektif | Penilaian yang didasari oleh standar yang disepakati antara Dosen dan Mahasiswa peserta Wirausaha Merdeka, mentor, inkubator, dan tim Monev yang mana bebas dari pengaruh subjektivitas penilai dan yang dinilai. |
4 | Akuntable | Penilaian yang dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan kriteria yang jelas, disepakati pada awal program, dan dipahami oleh Mahasiswa peserta Wirausaha Merdeka, Mentor, Konsultan Bisnis, Dosen Pembimbing Lapangan, dan Tim Monev. |
5 | Transparan | Penilaian yang prosedur dari hasil penilaiannya dapat diakses oleh semua pemangku kepentingan, seperti: Mahasiswa sebagai peserta Wirausaha Merdeka, Mentor, Konsultan Bisnis, Dosen Pembimbing Lapangan, dan Tim Monev. |
Penilaian | Teknik | Instrumen |
Sikap | Observasi | |
Keterampilan Bisnis Umum | Observasi, partisipasi, kinerja bisnis laporan progress, presentasi bisnis | Rubrik untuk penilaian proses serta hasil dari bisnis yang dijalankan, dilakukan dengan rubrik skala persepsi Portofolio perkembangan bisnis dan hasil bisnis yang terlihat signifikansi pertumbuhan bisnis untuk penilaian hasil kerja bisnisnya. |
Keterampilan Bisnis Khusus | ||
Pengetahuan | ||
Hasil akhir penilaian merupakan integrasi antara berbagai teknik dan instrumen penilaian yang digunakan. |
Adapun Outcome Based Education (OBE) ditentukan oleh Perguruan Tinggi Pelaksana Program sesuai dengan sasaran program yang telah ditetapkan di awal dan mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.
Instrumen Penilaian
Penilaian Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dari Program Wirausaha menggunakan rubrik penilaian dilakukan pada ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan akan bisnis yang dijalankan secara rinci dijelaskan sebagai berikut:
- Penilaian ranah sikap dilakukan melalui observasi, penilaian diri, penilaian antar Mahasiswa Peserta Program (Mahasiswa Peserta Program menilai kinerja rekannya dalam satu bidang atau kelompok 360 derajat), dan penilaian aspek pribadi yang menekankan pada aspek karakter, berakhlak mulia, percaya diri, disiplin, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial.
- Penilaian ranah pengetahuan melalui berbagai bentuk tes tulis dan tes lisan yang secara teknis dapat dilaksanakan secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsung maksudnya adalah dosen dan Mahasiswa Peserta Program serta mentor dan inkubator bertemu secara tatap muka saat penilaian, misalnya saat mentoring, sedangkan secara tidak langsung, misalnya menggunakan lembar formulir isian dari hasil keikutsertaan program yang dijalankan mahasiswa peserta Wirausaha Merdeka.
- Penilaian ranah keterampilan melalui penilaian kinerja yang dapat diselenggarakan melalui praktikum, praktik, simulasi, praktik lapangan, dan lainnya yang memungkinkan Mahasiswa Peserta Program untuk dapat meningkatkan kemampuan keterampilannya dalam meningkatkan bisnisnya.
Komentar
0 comments
Please sign in to leave a comment.