Jika Anda sudah berhasil mendaftarkan profil, berikut adalah penjelasan apabila Anda mengalami beberapa kendala yang umumnya terjadi beserta solusinya.
a. Aktivasi Akun
Setelah Anda berhasil membuat profil pada platform MBKM, secara lengkap dapat diakses pada link: Cara Mahasiswa Mendaftar Akun Kampus Merdeka. Anda wajib melakukan aktivasi akun dengan cara dibawah ini
- Anda akan menerima notifikasi untuk segera melakukan aktivasi akun melalui email yang Anda daftarkan.
- Untuk aktivasi akun, silakan cek kotak masuk pada email yang Anda daftarkan. Temukan pesan dari no-reply@kampusmerdeka.kemdikbud.go.id dan buka pesan tersebut.
- Kemudian klik tombol “di sini" pada isi pesan di dalam email.
- Anda otomatis diarahkan ke halaman login platform Kampus Merdeka. Silakan masukkan kembali email dan kata sandi Anda. Lalu klik “Masuk”.
b. Kendala akun - Tidak menerima email aktivasi
Jika Anda tidak menerima email aktivasi, maka Anda cukup akses ke tombol “Saya tidak bisa masuk” , pilih “Tidak terima email aktivasi” lalu masukkan alamat email Anda, maka Anda akan menerima email perintah aktivasi akun seperti yang dijelaskan pada poin a.
c. Kendala akun - Email sudah terdaftar
Jika sebelumnya email yang Anda masukkan sudah pernah didaftarkan pada platform Kampus Merdeka, maka akan muncul pesan eror yang berisi “Email telah terhubung dengan akun lain”.
Kami sarankan Anda untuk menggunakan email Anda lainnya agar dapat melanjutkan proses pendaftaran akun Kampus Merdeka atau dapat menghubungi Pusat Bantuan jika dirasa sebelumnya sudah pernah mendaftarkan alamat email tersebut di platform Kampus Merdeka.
d. Kendala akun - Data sudah terhubung dengan akun lain
Jika data Anda di PDDikti sudah terhubung ke akun email lain, artinya Anda sudah ada akun yang mendaftarkan diri menggunakan data PDDikti Anda.
Untuk proses selanjutnya, silakan hubungi Pusat Bantuan pada tombol yang ada di kanan-bawah halaman ini, agar dapat dibantu pengecekan atau penonaktifan akun lama yang sudah tidak digunakan.
e. Kendala akun - PT atau Prodi tidak ditemukan
- Pastikan data Mahasiswa sudah ada di PDDikti
- Jika PT tidak ditemukan, pastikan pada PDDikti apakah PT tersebut berada dalam naungan Kemendikbudristek, detail cara pengecekan dapat di akses pada artikel “Ketentuan Data Mahasiswa di PD-Dikti”
- Jika PT bukan dalam naungan Kemendikbudristek maka tidak dapat mendaftar akun dan mengikuti program Kampus Merdeka.
- Jika PT berada dalam naungan Kemendikbudristek maka silakan hubungi Pusat Bantuan kami pada tombol yang ada di kanan-bawah halaman ini.
- Jika Prodi tidak ditemukan silakan hubungi Pusat Bantuan pada tombol yang ada di kanan-bawah halaman ini
f. Kendala akun - Tidak dapat diklaim
Apabila data yang telah Anda masukkan sesuai namun muncul respon tidak dapat diklaim.
Langkah yang perlu Anda lakukan yaitu :
- Pastikan data yang Anda masukkan sudah tepat dan sesuai dengan PDDikti.
- Jika Anda sudah memastikan bahwa data tepat dan sudah sesuai PDDikti tapi tetap tidak dapat diklaim, silakan hubungi Pusat Bantuan dengan klik tombol “Pusat Bantuan” pada laman ini.
Jika data Anda ternyata belum ada di PDDikti atau ada kesalahan data, silakan hubungi sekretariat perguruan tinggi Anda untuk pengecekan lebih lanjut.
- Pengajuan perubahan data dapat melalui sekretariat perguruan tinggi Anda untuk dilanjutkan ke pihak PDDikti.
Komentar
1 comment
Heyy, admin saya sudah mengajukan kan untuk meminta informasi akun yang data saya sudah terikat, jadi saya tau data saya terikat dengan email apa ini kok malah di tanya email balik yang digunakan kan saya sudah bilang saya butuh email yang digunakan yang terikat dengan data saya, kok jawaban admin-admin email nya bertele-tele dan seperti masalah saya tidak di gubris
tolong pencerahannya kawan
Please sign in to leave a comment.