Daftar Isi

Pada Program Kampus Mengajar Angkatan 7, penilaian Mahasiswa dari Guru Pamong dapat diwakilkan oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dengan syarat adanya Surat Kuasa. Surat Kuasa wajib ditandatangani oleh penerima kuasa (DPL) dan pemberi kuasa (Guru Pamong). Surat Kuasa wajib diunggah di laman Program MBKM melalui akun DPL.

 

Mohon untuk memperhatikan pemberian nilai/skor dari masing-masing butir pertanyaan/pernyataan.

 

Hasil penilaian Anda akan menjadi salah satu komponen penentu nilai akhir mahasiswa yang akan diberikan ke pihak Perguruan Tinggi dan digunakan sebagai acuan rekognisi sks Mahasiswa. Penilaian yang sudah tersimpan tidak dapat direvisi. Dengan demikian, mohon agar dapat berhati-hati dalam melakukan pengisian.

 

Berikut cara mengunggah Surat Kuasa dan mengisi penilaian Mahasiswa oleh DPL yang mewakili Guru Pamong:

1. DPL masuk ke akun MBKM.

2. Pilih menu “Kegiatanku”.

3. Klik “Dokumen Penting”.

4. Kemudian klik tombol “Unggah Sekarang” pada kolom Surat Kuasa Guru Pamong.

5. Silakan unduh format Surat Kuasa dengan klik tombol "Unduh Template". Kemudian lengkapi Surat Kuasa sesuai format tersebut.

6. Jika dokumen Surat Kuasa sudah siap, Anda dapat mengunggah dokumen Surat Kuasa dengan klik tombol “Pilih File” kemudian klik “Kirim”. Pastikan dokumen dalam format .pdf dengan ukuran maksimal 2 MB.

 

Catatan Penting:
  1. Apabila penilaian oleh Guru Pamong diwakilkan oleh DPL yang mengampu dua Sekolah Penugasan, maka DPL tersebut harus mengisi penilaian Guru Pamong dari kedua sekolah yang dibimbingnya (tidak bisa satu sekolah saja).
  2. Mengacu pada poin 1, DPL dengan dua Sekolah Penugasan ampuan diminta untuk mengunggah dua Surat Kuasa dari setiap Guru Pamong di sekolah bimbingannya dengan menyatukannya menjadi satu dokumen dalam format .pdf.

 

uploader

 

7. Setelah Surat Kuasa berhasil diunggah, maka akan muncul notifikasi seperti gambar di bawah ini.

8.  Apabila setelah surat kuasa di upload, muncul status “Sedang Diperiksa”. Tidak perlu khawatir, Anda dapat melanjutkan ke langkah selanjutnya. 

 

9. Setelah berhasil mengunggah Surat Kuasa, DPL dapat kembali ke menu “Kegiatanku”, lalu pilih “Penilaian Mahasiswa”.

10. Pilih “Penilaian Akhir DPL”, kemudian klik “Beri Penilaian”.

11. Kemudian lengkapi penilaian akhir Mahasiswa dan sesuaikan dengan kondisi di bawah ini:

  • Jika Anda sebelumnya sudah melengkapi penilaian akhir dari DPL, maka Anda cukup mengisi rubrik penilaian Guru Pamong (Kuesioner DPL Guru Pamong).
  • Jika Anda belum mengisi penilaian akhir dari DPL, Anda perlu melengkapi semua rubrik penilaian yang terdiri dari: Kuesioner DPL Perencanaan Mahasiswa; Kuesioner DPL Pelaksanaan Mahasiswa; Kuesioner DPL Kepribadian Mahasiswa; dan Kuesioner DPL Guru Pamong.

Gambar poin A

Gambar diatas bersifat contoh (dummy)

 

Gambar poin B
Gambar diatas bersifat contoh (dummy)

12. Setelah melengkapi seluruh penilaian, klik tombol “Kirim Penilaian”. 

13. Kemudian status penilaian Mahasiswa akan berubah menjadi “Sudah Diberikan” dan sudah tidak dapat diubah lagi.

 

Tanya & Jawab

Setelah berhasil mengunggah Surat Kuasa Guru Pamong, status Surat Kuasa menjadi "Sedang Diperiksa". Apa yang harus DPL lakukan?

Mohon untuk mengabaikan status tersebut. DPL dapat langsung memasukkan penilaian Mahasiswa oleh Guru Pamong sesaat setelah mengunggah dokumen Surat Kuasa.

Bagaimana jika DPL sudah terlanjur mengunggah Surat Kuasa, namun pihak Guru Pamong telah berhasil memberikan penilaian?

Rubrik penilaian Guru Pamong (Kuesioner DPL Guru Pamong) tidak akan muncul di halaman penilaian pada akun DPL.

Bagaimana jika DPL belum mengunggah Surat Kuasa dan Guru Pamong juga belum mengisi penilaian?

Kotak informasi pada halaman penilaian akan mengarahkan DPL untuk mengunggah Surat Kuasa terlebih dahulu. Kemudian silakan unggah Surat Kuasa sesuai dengan panduan pada artikel ini.

Jika saya sudah memberikan nilai pada Mahasiswa, namun Guru Pamong meminta saya mewakilkan penilaian, apakah penilaian yang sudah saya berikan sebelumnya harus diulang bersamaan dengan pengisian penilaian oleh Guru Pamong?

Tidak perlu. Jika Anda sudah memberikan penilaian Anda sebagai DPL, maka Anda cukup mengisi penilaian pada rubrik penilaian Guru Pamong (Kuesioner DPL Guru Pamong) saja.

Jika Guru Pamong telah memberikan penilaian, namun rubrik penilaian dari Guru Pamong masih muncul di DPL, apa yang harus DPL lakukan?

Anda diminta untuk melaporkan kendala ini melalui tombol Pusat Bantuan pada laman Pusat Informasi ini (tombol di sebelah kanan bagian bawah). Mohon untuk menyiapkan bukti tangkapan layar tampilan akun DPL dan tampilan pada akun Guru Pamong yang sudah melengkapi nilai Mahasiswa. 

 

Sebelumnya
Selanjutnya
20410761996825

Komentar

0 comments

Please sign in to leave a comment.

Powered by Zendesk