Digitalisasi Dokumen Pendaftaran Mahasiswa MSIB & Kampus Mengajar
Pendaftaran
Bagaimana cara pendaftaran program Kampus Merdeka?
Anda bisa melakukan pendaftaran melalui platform. Panduan/alur akan disediakan untuk masing-masing program Kampus Merdeka. Anda juga dapat merujuk pada panduan pada laman Pusat Informasi Kampus Merdeka.
Informasi/dokumen apa yang harus disediakan oleh mahasiswa?
Anda perlu menyediakan beberapa informasi, yaitu:
- Data Akademik
- Data Pribadi
- Data Informasi Beasiswa
Apakah bisa mengubah data informasi pengajuan pendaftaran setelah pengajuan?
Anda bisa menyesuaikan data informasi jika Penanggung Jawab Prodi meminta revisi.
Bagaimana saya mengetahui perkembangan status pengajuan pendaftaran saya?
Anda akan mengetahui status pengajuan pendaftaran/rekomendasi Anda melalui email atau notifikasi di platform MBKM.
Apa yang terjadi jika mahasiswa mengirimkan informasi yang salah?
Penanggung Jawab Prodi bisa meminta mahasiswa untuk merevisi informasi tersebut.
Saat ini saya merupakan penerima beasiswa, namun beasiswa tersebut tidak ada dalam daftar pilihan data beasiswa yang tertera di platform MBKM.
Apabila nama beasiswa Anda tidak termasuk pada daftar yang tertera di platform MBKM, silahkan memilih opsi "tidak". Saat ini, beasiswa yang diberikan oleh Kemendikbudristek dan tercantum di platform meliputi:
- Afirmasi
- Afirmasi Difabel
- Beasiswa Indonesia Maju
- Beasiswa Unggulan
- Bidikmisi
- KIP-K
- Beasiswa Pendidikan Indonesia
- Bantuan Belajar Mahasiswa
- Asrama Mahasiswa Nusantara
Apakah saya tetap bisa mendaftar program Kampus Merdeka jika saya tidak memiliki asuransi kesehatan ataupun BPJS Kesehatan?
Asuransi kesehatan/BPJS Kesehatan merupakan syarat wajib dalam mengikuti program MSIB, mohon pastikan Anda memiliki asuransi kesehatan/BPJS Kesehatan yang aktif. BPJS Kesehatan termasuk sebagai Asuransi Kesehatan. Peserta aktif BPJS Kesehatan tidak perlu mendaftarkan diri ke dalam program asuransi kesehatan lain.
Apabila saat ini Anda belum memiliki asuransi kesehatan, Anda tetap dapat mendaftar ke dalam program MBKM, selama Anda berkomitmen untuk memiliki asuransi kesehatan yang aktif selama periode pelaksanaan program.
Praktik Baik
Apa saja persyaratan sistem untuk menggunakan platform?
Untuk mendapatkan pengalaman terbaik, kami sarankan Anda menggunakan Google Chrome sebagai web browser, dan pastikan koneksi internet yang Anda gunakan stabil.
Apakah ada aplikasi seluler yang tersedia?
Saat ini, platform lebih dioptimalkan untuk penggunaan desktop. Namun, platform juga dapat diakses di ponsel pintar dengan menggunakan browser.
Apa prosedur untuk melaporkan masalah/kendala?
Anda dapat menghubungi Pusat Bantuan di platform MBKM.
Komentar
6 comments
Permisi kak mau bertanya untuk mitra bagian BUMN dan kementerian pupr kok belum keluar ya kak mitranya.
Kak mau nanya pas mau daftar mitranya kok tidak bisa ya di bagian tahap ke tiga katanya yang tertera PT mitra belum dapat rekomendasi,jadi saya terasa bingung kenapa gak bisa dipilih sedangkan yang lain bisa di pilih.
Min mau tanya terkait email pemberitahuan untuk tes seleksi subtansi. Kenapa emailnya belum masuk pada saya sedangkan untuk teman" Sudah masuk min
Permisi min mau tanya, kenapa validasi rekening prosesnya lama ya. Sudah di tunggu lebih dari 2 Minggu tapi masih belum terverifikasi itu bagaimana ya min ?
Bagaimana untuk Menganti mitra yang sudah kita pilih soalnya mau ganti tempat mitranya semoga bisa diganti 🙏🙏🙏
untuk SR pada bagian BPJS itu perlu satu keluarga yang punya atau hanya kita saja sebagai pendaftar?
Please sign in to leave a comment.