Daftar Isi

Mahasiswa Program PMM 3 wajib mengisi fitur laporan akhir mahasiswa Program PMM 3. Laporan akhir sebagai syarat mendapatkan sertifikat kepesertaan mahasiswa Program PMM 3

Pengisian laporan ini dapat dilakukan pada dashboard akun mahasiswa di laman PMM: pmm.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id.

Silakan untuk login menggunakan akun PMM.

Langkah-langkah melakukan pengisian Laporan Akhir:

1. Silakan menuju menu Mahasiswa, kemudian klik menu Laporan dan selanjutnya klik menu Laporan Akhir.

 

2. Setelah klik menu Laporan Akhir maka akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini.

 

3. Setelah Anda masuk pada menu Laporan Akhir, maka akan muncul tarikan data laporan akhir selama kegiatan di PT Penerima. Data-data yang ditarik otomatis oleh sistem dan data isian oleh mahasiswa, sebagai berikut: 

a. Data Personal
Bagian ini berisi tarikan data oleh sistem terkait Kode Peserta/ID PMM, Nama, Semester, PT Pengirim, PT Penerima, Awal Kaldik, Akhir Kaldik, dan Nama Dosen MN.

b. Rekap Kegiatan Akhir PMM di PT Penerima
Bagian ini berisi tarikan data oleh sistem dan data isian oleh mahasiswa, adapun data tarikan oleh sistem adalah Rekapitulasi Kegiatan Akademik, Rekapitulasi Kegiatan Non-Akademik serta Jumlah Kegiatan Modul Nusantara.

Sedangkan data isian oleh mahasiswa pada bagian Rekap Kegiatan Akhir PMM di PT Penerima adalah kesan dan pesan selama mengikuti kegiatan PMM, hambatan selama mengikuti kegiatan PMM serta tanggal Kartu Hasil Studi (KHS) keluar dari PT Penerima. Silakan klik tanda edit untuk memulai melakukan pengisian rekap kegiatan di PT Penerima, seperti pada gambar berikut:

c. Saran dan Perbaikan
Pada bagian ini berisikan saran dan perbaikan yang ditujukan untuk Tim Program PMM, Koordinator PT Penerima, Dosen Modul Nusantara, dan Liaison Officer. Silakan klik tanda edit untuk memulai melakukan pengisian.

 

4. Setelah tahapan pengisian selesai, terdapat Lampiran yang berasal dari tarikan data selama kegiatan di PT Penerima, adapun Lampiran tersebut berisikan tentang: 

a. Kegiatan Modul Nusantara
Berisi tarikan data terkait pelaksanaan kegiatan sub modul Kebinekaan, Refleksi, Inspirasi, dan Kontribusi Sosial.

b. Kegiatan Akademik
Berisi tarikan data terkait dengan Mata Kuliah yang diambil dan jumlah SKS.

c. Kegiatan Non-Akademik
Berisi tarikan data terkait kegiatan mahasiswa yang bersifat diluar kegiatan akademik dengan penjelasannya.

d. Dokumentasi Kegiatan
berisi tarikan data oleh sistem terkait berbagai macam dokumentasi kegiatan mahasiswa yang dilakukan selama berada di PT Penerima.

 

5. Setelah tahapan pengisian selesai dan pengecekan lampiran sudah dilakukan, kemudian kembali ke laman bagian atas untuk kemudian Ajukan Laporan Akhir dengan cara klik tanda Ajukan Laporan Akhir.

 

6. Dengan melakukan tahapan di atas, maka pengajuan Laporan Akhir Mahasiswa telah selesai dilakukan. Selanjutnya, silahkan menghubungi Dosen Modul Nusantara untuk meminta reviu dan mohon menunggu hasil dari verifikasi Dosen Modul Nusantara.

 

FAQ

  • Kapan mahasiswa paling lambat bisa mengirim laporan akhir?
    H+7 setelah Kalender Akademik berakhir. 
  • Apakah mahasiswa dapat melakukan request perubahan untuk tarikan data otomatis?
    Tidak bisa. Karena data disesuaikan dengan yang sudah diisi oleh mahasiswa di awal pendaftaran. 
  • Di mana Mahasiswa bisa mengetahui status laporan akhir mahasiswa?
    Mahasiswa dapat mengecek status laporan akhir pada bagian status di laporan akhir mahasiswa. 
  • Apakah bagian saran dan perbaikan dapat dibaca oleh Dosen MN dan Liaison Officer?
    Bisa. Saran dan masukan dapat dibaca oleh Dosen Modul Nusantara dan Liaison Officer. Saran dan masukan mahasiswa penting untuk perbaikan pelaksanaan PMM di angkatan selanjutnya.

 

 

 

 

 

Sebelumnya
Selanjutnya
28015465155353

Komentar

0 comments

Please sign in to leave a comment.

Powered by Zendesk