Daftar Isi

Penting bagi mahasiswa yang akan melakukan pengunduran diri dari Program PMM 4 untuk memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Mahasiswa yang mengundurkan diri dari Program PMM 4 setelah konfirmasi lanjut, tidak diperbolehkan untuk mengikuti Program PMM periode berikutnya.
  • Mahasiswa tidak akan menerima manfaat dari Program PMM. 
  • Mahasiswa yang sudah menerima tiket pesawat dan belum berangkat ke PT Penerima, berkewajiban untuk mengganti biaya tiket sesuai dengan nominal pembelian.
  • Mahasiswa yang mengundurkan diri setelah berada di PT Penerima maka biaya kepulangan bukan menjadi tanggung jawab dari Program PMM.
  • Mahasiswa yang mengundurkan diri dan sudah menerima Bantuan Biaya Hidup (BBH), berkewajiban mengembalikan dana sesuai dengan perhitungan yang akan dilakukan oleh Program PMM.
  • Adanya pembatasan hak akses pada laman PMM.

Jika mahasiswa tetap mengajukan pengunduran diri, mahasiswa wajib menginformasikan pengunduran diri kepada Koordinator Perguruan Tinggi (PT) Penerima dan Pengirim, beserta orang tua secara lisan sebelum melakukan pengunduran diri di laman Program PMM.

 

Tahapan Pengunduran Diri di Laman PMM

  1. Setelah menginformasikan pihak-pihak terkait secara lisan, mahasiswa dapat mengakses laman PMM kemudian memilih menu ‘Mahasiswa’ lalu ‘Mengundurkan Diri’.
  1. Cek kembali data diri yang sudah disinkronisasi dengan data yang Anda masukkan pada pendaftaran, yaitu nama lengkap peserta, PT Pengirim, dan PT Penerima. Kemudian pilih tahapan “Pengajuan Pengunduran Diri”.
  1. Penting untuk memperhatikan dan membaca informasi penting yang muncul, agar Anda dapat mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengundurkan diri. Jika Anda sudah yakin untuk mengundurkan diri, silakan pilih “Ya, Saya Yakin”.
  1. Pada laman pengunduran diri, pilih tombol pada bagian ‘Alasan mengundurkan diri’.
  1. Pilih alasan pengunduran diri yang sesuai. Harap untuk memilih alasan secara jujur yang dapat dipertanggungjawabkan. Kemudian pilih tombol ‘Save’ untuk menyimpan.
  1. Anda wajib menjelaskan secara singkat terkait alasan mengundurkan diri dengan memilih tombol pada “Penjelasan singkat terkait alasan mengundurkan diri
  1. Anda wajib mengetik pernyataan pengunduran diri dengan klik ikon pada bagian ‘Pernyataan Mengundurkan Diri’.
  1. Ketik ulang pernyataan yang tertera sesuai dengan di kolom yang tersedia yaitu “Dengan ini saya menyatakan dengan sadar mengundurkan diri dari Program PMM”. Kemudian pilih tombol ‘Save’ untuk menyimpan.
  1. Silakan baca pernyataan pada Disclaimer, kemudian beri centang pada kotak yang tersedia. Pilih tombol ‘Kunci data’. Penting diingat, setelah Anda memilih tombol ‘Kunci data’ maka data pengunduran diri Anda sudah terkunci dan sudah tidak bisa dibatalkan.
  1. Mahasiswa harap untuk meminta Koordinator PT Pengirim, Koordinator PT Penerima dan Dosen MN (jika sudah ditentukan) untuk memberikan konfirmasi melalui laman PMM terkait pengunduran diri. Jika konfirmasi sudah dilakukan, akan terlihat pada laman PMM.

Tim PMM akan menginformasikan jumlah pengembalian dana (jika ada) melalui email dan/atau pada laman PMM. Selanjutnya mahasiswa perlu melakukan unggah bukti pengembalian dana. Apabila mahasiswa tidak perlu mengembalikan dana, maka tahapan pengembalian dana akan otomatis menjadi hijau.

Jika prosedur pengunduran diri mahasiswa sudah selesai, maka mahasiswa tidak dapat mengakses akun pada laman PMM. 

 

Tahapan Pengembalian Dana

  1. Untuk mahasiswa peserta PMM yang memiliki dana yang harus dikembalikan, maka pengembalian dana akan dilakukan ke rekening Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) di bawah ini:

Nama Akun: RPL 019 BLU LPDP UTK OPS K

Nomor Akun: 103-00-2012130-3

Bank : Bank Mandiri

Catatan saat transfer: 

  • Saat melakukan transfer, mencantumkan berita pengiriman dengan kode “<PD> (spasi) <Jenis Dana> (spasi) <Program>” 
  • Contoh berita pengiriman: PD BBH PMM
  • Transfer pengembalian dana menggunakan M-Banking dan Pemindahan Buku Rekening melalui bank
  • Tidak diperkenankan melakukan transfer dengan menggunakan ATM
  1. Setelah melakukan transfer dana, Anda harus mengirimkan bukti pengembalian dana ke seluruh email LPDP berikut:

Format email pengiriman bukti pengembalian dana:

Subject email: <Pengembalian Dana> spasi <Jenis Dana> spasi <Program>


Dalam Body Email diisi keterangan sebagai berikut: 

Nama Penerima Dana : …………….

Uraian Dana Yang dikembalikan : …………….

Jumlah : Rp……….

Dikirim melalui Bank : …………….

Keterangan             : …………….


Lampiran bukti transfer: ………. 

 

Jenis Dana:

  • Bantuan Biaya Hidup Termin 1
  • Bantuan Biaya Hidup Termin 2
  • Tiket Pesawat Keberangkatan/Kepulangan

 

Contoh email pengiriman bukti pengembalian dana:

Mahasiswa atas nama Jia Asih mengundurkan diri dari Program PMM 4 dan perlu mengembalikan komponen bantuan biaya hidup sebesar Rp 1.800.000 sesuai yang diinformasikan pada laman. Selanjutnya LPDP akan mengirimkan email balasan sebagai konfirmasi bahwa pengembalian dana telah diterima.



  1. Mahasiswa mengunggah bukti pengembalian dana pada laman PMM.
  2. Jika prosedur pengunduran diri mahasiswa sudah selesai, maka mahasiswa tidak dapat mengakses akun pada laman PMM.
Sebelumnya
Selanjutnya
28058514728985

Komentar

0 comments

Please sign in to leave a comment.

Powered by Zendesk