Daftar Isi

Bagi pengguna MBKM yang mengalami kendala teknis pada platform atau perubahan status tertentu, mohon untuk melakukan langkah clear cache dan cookie atau menghapus data yang tersimpan oleh sistem sebelumnya sebelum mencoba menggunakan fitur yang bersangkutan kembali. 

 

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan clear cache dan cookie atau menghapus data yang tersimpan oleh sistem sebelumnya. 

Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut untuk penyelesaian masalah secara mandiri lebih lanjut:

 

[Solusi 1]
Log out website Kampus Merdeka terlebih dahulu, kemudian login kembali pada link website https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/ 

 

[Solusi 2]
Gunakan Browser Lain
Silakan akses https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/  dan login menggunakan browser lain.

Contoh: Anda saat ini mengakses website Kampus Merdeka menggunakan Microsoft Edge, ubah browser menjadi Google Chrome dan akses kembali menu pada website Kampus Merdeka menggunakan browser tersebut.

 

[Solusi 3]
Lakukan Disable Cache

1. Apabila Anda sedang login, silakan log out dari akun website Kampus Merdeka Anda dengan klik tombol “Keluar”.

2. Pada laman login, klik kanan kemudian klik “Inspect”.

3. Selanjutnya akan terlihat tampilan seperti contoh gambar di bawah ini. Silakan klik “Network”.

4. Beri tanda centang/checklist pada “Disable Cache” seperti gambar di bawah ini.

 

[Solusi 4]
Clear Cache

1. Pada Google Chrome Anda, di kanan atas, klik Lainnya (ikon).

2. Klik “Fitur lainnya”, lalu klik “Hapus data penjelajahan”.

clear cache.png

3. Di bagian atas, pilih rentang waktu. Silakan pilih “Semua”.

4. Di samping "Cookie dan data situs lainnya" dan "Gambar dan file dalam cache", centang kotaknya.

5. Klik “Hapus data”.

Cookie and cache.png

6. Jika sudah melakukan Clear Cache, silakan coba kembali mengakses menu pada website Kampus Merdeka).

 

[Solusi 5]
Lakukan Restart Browser 

Silakan melakukan restart browser Anda dengan cara berikut:

  1. Tutup browser yang sedang Anda gunakan.
  2. Setelah beberapa saat, buka kembali browser Anda
  3. Coba kembali mengakses menu pada website Kampus Merdeka Anda.

Pastikan Anda telah mengikuti seluruh langkah-langkah solusi penyelesaian masalah di atas secara mandiri . Namun, jika sudah melakukan seluruh 5 solusi penyelesaian namun kendala masih berlangsung, silakan tekan tombol “Pusat Bantuan” pada menu utama website Kampus Merdeka. 

 

Sebelumnya
Selanjutnya
28177421940761

Komentar

0 comments

Please sign in to leave a comment.

Powered by Zendesk