Daftar Isi

Salah 1 (satu) syarat mengikuti program Kampus Merdeka adalah data Mahasiswa harus terdaftar di PDDikti dan terdaftar pada perguruan tinggi di bawah Kemendikbudristek.

Data pribadi yang tercatat pada program Kampus Merdeka akan autogenerate sesuai data yang tercantum pada PDDIKTI. Karena itu, Mahasiswa wajib memastikan data yang terdaftar di PDDIKTI sudah sesuai dengan KTP, tidak boleh ada perbedaan penulisan sedikitpun. Apabila ada yang tidak sesuai, maka akan berpengaruh pada data yang masuk ke sistem Kampus Merdeka dan berdampak pada pencairan biaya hidup bulanan Mahasiswa.

 

Berikut adalah beberapa tanya-jawab terkait data Mahasiswa di PDDikti:

  • Bagaimana cara cek data saya di PDDikti?
    Anda dapat mengecek data Anda di situs PDDikti https://pddikti.kemdikbud.go.id/

  • Bagaimana cara mengetahui perguruan tinggi saya di bawah Kemendikbudristek atau di bawah Kementerian lain?
    1. Buka https://pddikti.kemdikbud.go.id/
    2. Cari nama perguruan tinggi Anda
    3. Cek kode perguruan tinggi Anda (Kode PT)
      • Jika kode PT diawali angka 00 sampai 16, maka perguruan tinggi Anda berada di bawah naungan Kemendikbudristek.
        Contoh: 071097, 101038, 113002.
      • Namun jika kode PT diawali angka di atas 17, maka perguruan tinggi Anda bukan berada di bawah naungan Kemendikbudristek.
        Contoh: 171234, 202015, 213551, 413001.


  • Apa yang harus saya lakukan jika data saya tidak ditemukan di PDDikti?
    Sebelumnya pastikan perguruan tinggi Anda berada di bawah naungan Kemendikbudristek. Jika sudah memastikan hal tersebut, silakan hubungi sekretariat perguruan tinggi Anda agar dibantu menambahkan data Anda ke dalam sistem PDDikti.

  • Berapa lama pengajuan perubahan data ke PDDikti?
    Pengajuan perubahan data di PDDikti diproses selama 14 sampai 30 hari kerja.

  • Bagaimana jika data yang tercantum di PDDIKTI tidak sesuai dengan KTP saya? (Contoh: nama di KTP Atika Hapsari, nama di Dikti Arika Hapsari)
    Data Mahasiswa yang tercatat di PDDIKTI mengacu pada data yang diberikan oleh pihak kampus. Oleh karenanya, Mahasiswa dapat melakukan beberapa tindakan berikut:
    1. Cek kembali nama, tanggal lahir, dan NIK yang tercatat pada sekretariat kampus. Pastikan sudah sesuai dengan KTP.
    2. Apabila ada kesalahan, segera hubungi sekretariat kampus untuk membantu penyesuaian data di PDDIKTI.
    3. Mohon tunggu 14 sampai 30 hari kerja, kemudian lakukan "log out" dan "log in" untuk dapat melihat penyesuaian data tersebut pada laman Kampus Merdeka.

  • Bagaimana jika data saya di PDDikti sudah benar, namun data saya di akun MBKM tidak sesuai dengan data PDDikti dan KTP saya?
    Segera hubungi tim Helpdesk MSIB melalui tombol Pusat Bantuan pada laman ini. Mohon untuk menyertai data diri Anda yang benar, serta tangkapan layar (screenshot) data Anda di PDDikti dan data Anda di akun MBKM.

  • Apakah Mahasiswa bisa mengubah data pribadi di platform?
    Data Pribadi tidak bisa diubah karena autogenerate sesuai dengan data yang ada di PDDikti. Data pribadi tersebut yaitu nama lengkap, jenis kelamin, tempat & tanggal lahir, NIK, dan nama universitas. Oleh sebab itu, jika ingin ada perubahan data pribadi, Mahasiswa harus mengajukan request perubahan data ke pihak kampus untuk diproses ke PDDikti
Sebelumnya
Selanjutnya
4417256876825

Komentar

5 comments

  • Verianto Aritonang

    Cara memperbaiki PT asal yang salah memasukkan pada data PDDIKTI 

    -3
  • Hindun Siva Afriani

    Bagaimana jika nama di KTP salah tetapi data di PDDIKTI benar, apakah nama di KTP harus diperbaiki?

    9
  • ROHIMAH

    Cara menganti IPK salah

    6
  • Rumyanah Irvadia Naswa Assifa

    Bagaimana cara mengganti IPK yang salah di bagian data akademik?

    0
  • Putri Andini

    Bagaimana cara mengubah rekening bank

    0

Please sign in to leave a comment.

Powered by Zendesk