Lacak Status Pembiayaan adalah menu yang akan membantu mahasiswa untuk melacak status pencairan dana bantuan biaya hidup dan lapor bukti penggunaan pada program Kampus Merdeka.
Kemudian, mari ikuti langkah-langkah mengakses menu Lacak Status Pembiayaan di bawah ini:
-
Silakan log in ke akun Anda dengan klik tombol ‘Masuk’. Kemudian masukkan email dan password Anda.

- Setelah log in, Anda diarahkan ke halaman "Akun". Kemudian klik "Lacak Status Pembiayaan".
- Pada laman Lacak Pembiayaan, Anda dapat melihat data nama bank, nama pemilik rekening, dan nomor rekening. Untuk lanjut ke halaman berikutnya, silakan klik nama program yang Anda ikuti. Sesuai contoh di samping/di bawah, klik “Magang”
-
Pada laman Pembiayaan, tersedia 3 (pilihan) tipe pendanaan, yaitu:
-
Bantuan Biaya Bulanan
Untuk melacak status pencairan bantuan biaya bulanan, khusus mahasiswa yang mendapatkan bantuan biaya bulanan. -
Ajukan Penggantian Biaya
Pengajuan penggantian biaya (reimbursement) sesuai dengan ketentuan masing-masing program. - Lapor Bukti Penggunaan
Pelaporan tiket transportasi yang dibayarkan oleh tim Kampus Merdeka.
-
Selanjutnya, mari ikuti panduan dari masing-masing tipe pembiayaan di bawah ini:
Tampilan untuk mahasiswa MSIB dan Kampus Mengajar |
Tampilan untuk mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka |
2. Kemudian Anda bisa melihat status pencairan bantuan biaya bulanan Anda per bulan. Data yang dapat dilihat yaitu status pencairan, keterangan biaya bulan ke berapa dan tanggal update terakhir dari pembiayaan sejak awal program berlangsung.
Berikut penjelasan dari masing-masing status pencairan uang mahasiswa:
A. Belum Diproses
Pencairan dana bantuan biaya hidup belum diproses.
B. Diproses
Pencairan dana untuk program Kampus Merdeka sedang diproses. Mohon cek mutasi rekening Anda secara berkala.
C. Sudah Ditransfer
Dana untuk program Kampus Merdeka telah ditransfer ke rekening mahasiswa.
D. Terkendala
Sistem mendeteksi adanya kendala pada proses pencairan bantuan biaya bulanan Anda.
3. Khusus untuk status “Terkendala”, Mahasiswa akan mendapatkan notifikasi yang ditandai dengan warna kuning. Untuk lebih lengkapnya terkait penyebab terjadinya kendala tersebut, Mahasiswa dapat menanyakan kepada kami melalui tombol Pusat Bantuan.
Untuk mengetahui kendala apa saja yang dapat terjadi pada proses pencairan bantuan biaya hidup, silakan klik artikel di bawah ini:
Untuk program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2, status Bantuan Biaya Bulanan akan diproses dan di-update setelah mahasiswa telah melengkapi proses unggah dokumen pada laman “Kegiatan Aktif”. |
2. Kemudian klik “Ajukan Penggantian Biaya”.
3. Jika sebelumnya sudah pernah mengajukan penggantian biaya, maka Anda dapat melihat riwayat dan rincian dari penggantian biaya Anda. Untuk mengajukan penggantian biaya baru, silakan klik “Ajukan Penggantian Biaya”
Untuk peserta program PMM angkatan 2, laman ini hanya dapat digunakan untuk mengajukan penggantian biaya swab antigen (maksimal Rp109.000). |
4. Pilih Tipe Pembiayaan yang Anda ingin ajukan penggantian biayanya. Tipe Pembiayaan yang tersedia yaitu:
-
Transportasi Berangkat
-
Transportasi Pulang
5. Masukkan data untuk pengajuan penggantian biaya sesuai tipe pembiayaan yang Anda pilih.
-
Jika Anda memilih “Transportasi Berangkat” atau “Transportasi Pulang”, isi data berikut:
-
-
-
Jenis Transportasi
Jenis transportasi yang akan Anda ajukan penggantian dananya sesuai ketentuan masing-masing program. -
Tanggal Aktivitas
Tanggal keberangkatan untuk Transportasi Berangkat, dan tanggal kepulangan untuk Transportasi Pulang. -
Nominal (dalam Rupiah)
Nominal yang akan Anda ajukan penggantiannya, sesuai dengan biaya tiket transportasi yang telah Anda beli.
-
-
6. Silakan lampirkan dokumen bukti, yaitu:
Transportasi Berangkat atau Transportasi Pulang
-
-
Bukti Pembayaran, yaitu kuitansi, tagihan, nota resmi atau dokumen Daftar Pengeluaran Riil.
-
Bukti Kepergian, yaitu tiket, boarding pass, atau bukti lain yang menunjukkan identitas & kepergian penumpang.
-
Kemudian klik “Pilih File”, lalu klik tombol “Upload”.
Pastikan dokumen diunggah dalam format jpeg/jpng/png/pdf dengan ukuran maksimal 2 MB.
7. Jika pengajuan penggantian biaya (reimbursement) telah berhasil terkirim, maka akan muncul notifikasi "Reimbursement Request Submitted".
2. Pilih Pelaporan pada kolom “Tipe Laporan”.

3. Pilih Tipe Pendanaan yang ingin Anda laporkan. Tipe Pendanaan yang tersedia yaitu:
-
Transportasi Berangkat
-
Transportasi Pulang
4. Kemudian silakan masukkan data untuk pengajuan pelaporan sesuai tipe pendanaan yang Anda pilih.
-
-
Jika Anda memilih “Transportasi Berangkat” atau “Transportasi Pulang”, silakan masukkan data berikut:
-
-
-
-
Jenis Transportasi
Jenis transportasi yang akan Anda laporkan. -
Tanggal Aktivitas
Tanggal keberangkatan untuk pelaporan Transportasi Berangkat, atau tanggal kepulangan untuk pelaporan Transportasi Pulang.
-
-
5. Kemudian unggah dokumen bukti yang ingin dilaporkan dengan klik "Pilih File", kemudian klik "Upload". File wajib dalam format jpeg/jpg/png/pdf dengan ukuran maksimal 2 MB.
6. Jika pelaporan telah berhasil terkirim, maka akan muncul notifikasi sesuai gambar di bawah ini.
Komentar
10 comments
Bagimana cara mengantikam nomor rekening yang sudh tervirikasi
Halo kak aku sempat dapat case seperti ini jadi kakak langsung aja email ke Pusat Bantuan terkait permasalahan perubahan rekening nanti mereka akan minta beberapa dokumen agar dapat direset kembali akun rekening kakak
Bagimana cara mengantikam nomor rekening yang sudh tervirikasi
Halo kak, rekening saya sudah terverifikasi namun sekarang rekeningnya sudah terclosed, cara memperbarui nomor rekening pada laman gimana ya kak ? terimakasih
Halo kak ko saya belum ada biaya masuk ya
Untuk penerima beasiswa KIP/Bidikmisi, apakah ada pemotongan untuk bantuan biaya hidupnya seperti batch sebelumnya?
Bagaimana kalau tidak ada program di menu lacak status pembiayaan?
https://pusatinformasi.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/4417529031193/comments/16892303693337
untuk case ini hubungi email Kampus merdeka ya , mereka fast respond kok
Halo.. BBH kira2 kapan turunnya ya Pak/Bu? Mengingat log book saya sudah sampai minggu ke-8 dan sudah mendekati lebaran juga tapi BBH belum turun-turun. Uang saku saya untuk transport dan makan juga sudah mulai menipis. Tolong perhatiannya ya Pak/Bu. Terima kasih.
Hallo kak
Kenapa tidak ada di akun saya program di menu lacak status pembiayaan? Teman-teman saya yang lain sudah ada semua mohon kak bagaimana memperbaikinya
Please sign in to leave a comment.