Daftar Isi

Di bawah ini adalah kumpulan pertanyaan yang sering ditanyakan mengenai syarat status Mahasiswa, status Perguruan Tinggi, dan dokumen pendukung saat pendaftaran Program Kampus Mengajar:

 

Status Mahasiswa & Universitas

  • Mahasiswa dari perguruan tinggi apa saja yang dapat mengikuti Program Kampus Mengajar?
    Mahasiswa dari perguruan tinggi negeri maupun swasta di bawah naungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

  • Apakah ada program studi tertentu yang boleh mengikuti Program Kampus Mengajar?
    Semua program studi akademik dan vokasi boleh mengikuti program ini selama mendapatkan rekomendasi dari pimpinan perguruan tinggi.

  • Apakah Mahasiswa yang mengikuti Program Kampus Mengajar Angkatan 8 harus berasal dari program studi pendidikan?
    Tidak, semua program studi dapat mendaftar Program Kampus Mengajar Angkatan 8. Program studi dari rumpun ilmu saintek dan sosial sangat didorong untuk mendaftar Program Kampus Mengajar Angkatan 8.

  • Perguruan tinggi mana saja yang dapat mengikuti Program Kampus Mengajar – Kampus Merdeka ini?
    Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berada di bawah naungan Kemendikbudristek. Bagi mahasiswa yang berkuliah di kampus yang berada di bawah naungan kementerian lain belum bisa mengikuti program ini.

  • Apakah Mahasiswa yang sebelumnya sudah pernah terdaftar/ditetapkan sebagai peserta Program Kampus Mengajar boleh mengikuti kembali Program Kampus Mengajar Angkatan 8?
    Tidak, Program Kampus Mengajar Angkatan 8 difokuskan untuk Mahasiswa yang belum pernah terdaftar/ditetapkan sebagai peserta pada Program Kampus Mengajar.

  • Apakah Mahasiswa boleh mengikuti Program Kampus Mengajar bersamaan dengan Program Kampus Merdeka lain (contoh: Magang & Studi Independen Bersertifikat)?
    Tidak, mahasiswa yang mengikuti Program Kampus Mengajar Angkatan 8 tidak diperbolehkan untuk mengikuti Program Kampus Merdeka lain yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi secara bersamaan atau dalam 1 (satu) semester yang sama.

  • Jika saya adalah salah satu peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM)  atau MSIB yang akan menyelesaikan kegiatan pada akhir Juni, apakah saya bisa ikut mendaftar Program Kampus Mengajar Angkatan 8?
    Peserta yang sudah menyelesaikan Program Kampus Merdeka lainnya (kecuali Program Kampus Mengajar Perintis, Angkatan 1, Angkatan 2, Angkatan 3, Angkatan 4, Angkatan 5, Angkatan 6, dan Angkatan 7) diperbolehkan untuk mendaftarkan diri pada Program Kampus Mengajar Angkatan 8.

  • Apakah Mahasiswa boleh mengikuti Program Kampus Mengajar sambil mengikuti perkuliahan?
    Mahasiswa diharapkan dapat mengikuti Program Kampus Mengajar dengan penuh waktu. Untuk itu sangat penting untuk memperoleh izin mengikuti kegiatan dari Kepala Program Studi (Kaprodi) dan Dosen Pembimbing Akademik (DPA)
  • Apakah di dalam pendaftaran Program Kampus Mengajar ada maksimal semester yang boleh diikuti oleh Mahasiswa?
    Tidak ada batasan terkait maksimal semester Mahasiswa, selama Perguruan Tinggi mengizinkan dan status Mahasiswa masih merupakan Mahasiswa aktif, maka dipersilakan untuk melakukan pendaftaran program ini.

  • Apakah Mahasiswa yang saat ini semester 7 dan tahun depan semester 8 boleh mendaftar?
    Boleh, mahasiswa yang tahun depan semester 8 dapat mendaftar program Kampus Mengajar 8. Pastikan mahasiswa tidak akan melakukan yudisium ketika program tengah berjalan.

  • Jika saat ini saya masih terhitung sebagai mahasiswa semester 3 (tiga), namun pada pelaksanaan Program Kampus Mengajar nantinya saya sudah masuk ke dalam semester 4 (empat), apakah saya boleh mendaftar?
    Tentu boleh. Syarat Mahasiswa peserta Program Kampus Mengajar Angkatan 8 adalah Mahasiswa minimal berada pada semester 4 ketika program berjalan.

  • Apakah Mahasiswa prodi kesehatan/keperawatan bisa mengikuti Kampus Mengajar? Lalu apakah konversi sks wajib 20 sks? Mengingat di semester VI terdapat sks praktek yang merupakan dasar kompetensi prodi dan lulusan.
    Sesuai Permendikbud Nomor 53 Tahun 2023, hak belajar di luar prodi diperuntukkan bagi mahasiswa sarjana non kedokteran, kebidanan, dan keperawatan. Pengakuan 20 sks dapat dilakukan dengan konversi (Structure Form), mata kuliah tambahan (Free Form) dan paduan keduanya.

  • Apakah pendaftaran Program Kampus Mengajar hanya berfokus di beberapa wilayah Indonesia saja?
    Tidak, Program Kampus Mengajar berlaku untuk mahasiswa seluruh wilayah Indonesia yang memenuhi syarat & ketentuan. Artinya, selama Mahasiswa atau Perguruan Tinggi memenuhi syarat yang ditentukan, maka berhak ikut berpartisipasi dalam Program Kampus Mengajar, tidak ada perbedaan untuk wilayah Indonesia Bagian Barat maupun Timur.

  • Jika saya sudah punya akun namun saya tidak lolos di Program Kampus Mengajar angkatan sebelumnya, apakah saya harus membuat akun baru untuk mendaftar Program Kampus Mengajar Angkatan 8?
    Tidak perlu membuat akun baru,  mahasiswa dapat menggunakan akun yang sudah pernah dibuat untuk mendaftar Kampus Mengajar angkatan selanjutnya.

  • Jika sebelumnya Mahasiswa mendaftar Program Kampus Mengajar Angkatan 7 dan dinyatakan lulus namun mengundurkan diri, apakah Mahasiswa dapat mendaftar kembali di Program Kampus Mengajar Angkatan 8?
    Apabila Mahasiswa telah ditetapkan sebagai peserta pada angkatan sebelumnya, maka sudah dipastikan tidak bisa mengikuti kembali Program Kampus Mengajar angkatan selanjutnya. Jika belum ditetapkan, maka dipersilahkan untuk melakukan pendaftaran kembali.

 

Dokumen & Data

  • Sebelum mendaftar Program Kampus Mengajar Angkatan 8 data apa saja yang harus dipastikan oleh mahasiswa di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti)?
    Mahasiswa harus memastikan kesesuaian Nama, NIM, Nama Program Studi, Nama Perguruan Tinggi, dan tempat tanggal lahir di laman PDDikti. Untuk mengetahui informasi data di PDDikti silakan cek di laman dengan tautan https://pddikti.kemdikbud.go.id. Jika terdapat kesulitan atau kendala teknis saat pendaftaran, silakan hubungi kami dan kirim bukti tangkapan layar (screenshot) melalui tombol Pusat Bantuan yang berada di laman akun MBKM/Kampus Merdeka.
Sebelumnya
Selanjutnya
4417544603929

Komentar

7 comments

  • Devita ayu yulia sari

    Baik

    0
  • Muhammad Haidir Ali

    Izin Bertanya Saya Merupakan Mahasiswa Yang Berasal Dari Universitas Bangka Belitung yang sekarang menempuh semester 7 ke 8 Saya mempunyai permasalahan yaitu dikarenakan Saya cuti di semester 3 jadinya di semester 8 pun tidak Ada matakuliah yang mengulang dan belum dapat me ngambil skripsi karena belum memenuhi syarat, jadinya pada semester 8 kosong, Apakah matakuliah MBKM dapat mengkonversi nilai di semester 9 ? Ketika saya melaksanakan MBKM di semester 8 untuk mengisi waktu yang kosong

    -5
  • Muhammad Haidir Ali

    Izin Bertanya Saya Merupakan Mahasiswa Yang Berasal Dari Universitas Bangka Belitung yang sekarang menempuh semester 7 ke 8 Saya mempunyai permasalahan yaitu dikarenakan Saya cuti di semester 3 jadinya di semester 8 pun tidak Ada matakuliah yang mengulang dan belum dapat me ngambil skripsi karena belum memenuhi syarat, jadinya pada semester 8 kosong, Apakah matakuliah MBKM dapat mengkonversi nilai di semester 9 ? Ketika saya melaksanakan MBKM di semester 8 untuk mengisi waktu yang kosong

    0
  • Annisa Putri Wulandini

    Apakah jika ada nilai D dalam salah satu mata kuliah tidak dapat mengikuti program ini ?

    0
  • Aster

    Ijin bertanya. Saya sekarang semester 5 dan mau daftar kampus mengajar. Tapi semester 6, Mata kuliah ada 21 sks sedangkan kampus mengajar yang dikonversikan hanya 20 sks saja. Jadi bagaimana, apakah bisa tetap ikut kampus mengajar? Tapi bagaimana dengan 1 sks yang belum diambil?

    0
  • Tri Andini syamsuluri

    Bismillah
    Selamat siang bapak/ibu
    Saya izin bertnya terkait kelengkapan dokumen sebelumnya saya sudah daftar kampus mengajar tetapi belum beruntung dan saya berniat daftar di semester ini lagi namun ketika saya ingin menyimpan dokumen/ pembaruan dokumen selalu gagal solusinya bagaimana yah??
    Terimah kasih

    0
  • lopyhulu77

    Terimakasih🙏🙏

    0

Please sign in to leave a comment.

Powered by Zendesk