Daftar Isi

Jika Anda mengalami kendala teknis terkait platform, seperti tidak bisa log in atau tidak bisa mengisi laporan, maka Anda dapat menghubungi kami melalui Pusat Bantuan sesuai langkah-langkah berikut:

Info penting: Tombol Pusat Bantuan hanya tersedia di dalam Pusat Informasi, sudah tidak tersedia di website https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id 
  1. Sebelum mengajukan laporan/membuat tiket, pastikan Anda telah menyiapkan beberapa hal berikut:
      • Tangkapan layar penuh (screenshot full screen) dari kendala yang dialami
      • Video rekaman (screen recording) yang menunjukkan aktivitas penggunaan platform hingga kendala muncul
  1. Ajukan laporan dengan menghubungi layanan bantuan kami melalui tombol Pusat Bantuan yang tersedia pada setiap halaman Pusat Informasi Mahasiswa & Perguruan Tinggi (ikon di sebelah kanan halaman). 

Pusban

 

  1. Isi data dan jelaskan kronologi dari masalah teknis yang Mahasiswa alami.
      • Nama Anda
        Masukkan nama lengkap Anda.
      • Alamat E-mail
        Pastikan e-mail yang Anda masukkan aktif, karena kami akan membalas laporan Anda melalui e-mail tersebut.
      • Perihal
        Topik yang akan Anda laporkan atau tanyakan.
      • Program
        Pilih program Kampus Merdeka yang ingin Anda tanyakan.
      • Angkatan/Batch
        Pilih sesuai angkatan Anda pada program Kampus Merdeka, atau pilih "Lainnya" jika Anda belum terdaftar di salah 1 (satu) program Kampus Merdeka.
      • Posisi
        Pilih posisi atau peran Anda. Jika Anda Mahasiswa, maka pilih Mahasiswa.
      • NIM
        Masukkan Nomor Induk Mahasiswa.
      • Perguruan Tinggi Asal
        Masukkan nama perguruan tinggi di mana Anda terdaftar.
      • Kategori
        Pilih kategori utama yang ingin ditanyakan, yaitu Program atau Platform.
      • Sub Kategori
        Pilih sub kategori secara spesifik yang ingin Anda tanyakan. Contoh: Pendaftaran Program -> Tidak bisa daftar program.
      • Deskripsi
        Tuliskan pertanyaan atau laporan Anda dan jelaskan juga kronologi lengkapnya.
      • Lampiran
        Anda dapat mengunggah lampiran dokumen, video, atau foto terkait topik yang ingin Anda tanyakan/laporkan (maksimal 5 lampiran).
  1. Jika sudah mengirim laporan, silakan cek email secara berkala. Tim kami akan memberikan kelanjutan informasi terbaru dari laporan Anda ke email yang Anda masukkan di formulir Pusat Bantuan.

Bagaimana jika tombol Pusat Bantuan di website Kampus Merdeka tidak muncul di browser Google Chrome saya?

  1. Buka Google Chrome Anda
  2. Klik ikon titik tiga pada kanan atas, kemudian klik “Setting”
  3. Klik “Advanced”, kemudian pilih “Reset and Clean Up” (khusus Windows) atau “Reset Setting” (khusus Chromebook, Linux, and Mac)
  4. Klik “Restore setting to their original default”
  5. Klik “Reset Setting”

Atau untuk lebih lengkapnya, Anda juga dapat mengikuti panduan pada pusat bantuan Google Chrome berikut: https://support.google.com/chrome/answer/3296214?hl=en 

 

Penting

Tombol Pusat Bantuan dapat diakses 24 jam. Namun laporan Anda akan kami balas pada hari Senin-Jumat, jam 09.00-17.00 WIB (kecuali tanggal merah).

Sebelumnya
Selanjutnya
4417544843801

Komentar

7 comments

  • Imam Syafi'i

    Bagaimana cara mengubah rekening di kampus merdeka

    0
  • Alfi Syahrin Adi Prasetya

    Terkendala BBH sebab harus membuat rekening baru

    ID PMM : 8679259

    NIK : 3217061505030012

    Nama : Alfi Syahrin Adi Prasetya

    Email : iamalfishahren@gmail.com

    No. Whatsapp/HP : 087828740758

    Asal PT : Universitas Pasundan

    Tujuan PT : DITSUSLAT (LKP NUNING KOTA CIMAHI)

    0
  • Markiah

    Terkendala BBH karena No. Rekening di akun MBKM berbeda dengan No. Rekening di akun Livin saya.

    Kampus Mengajar Angkatan 7
    ID KM7 : 7256915
    NIK : 6308035002040001
    Nama : Markiyah
    Email : mkiah734@gmail.com
    No. Whatsapp : 083110419063
    Asal PT : Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai.
    NIM : 2022247
    Peran/ Posisi : Mahasiswa
    Sub Kategori : Rekening yang berbeda di laman MBKM dengan Akun Livin. Saya dulu sudah benar memasukkan no rekening dan sampai saat ini saya masih menunggu-nunggu cairnya BBH saya. saya lihat di laman MBKM BBH saya sudah disetujui cuman tidak ada yang masuk di no. Rekening saya. Setelah saya teliti ternyata No rekening di Laman MBKM berbeda dengan akun Livin. Sebenarnya saya semangat banget menantikan gajih pertama. Tapi apalah daya sudah di potong malah kayak gini mau sedih takut orang tua tau.

    0
  • Terkendala dengan Nilai IPK yang salah Input, mohon untuk ditindak lanjuti laporan yang sudah diterima🙏

    0
  • Fitri fadila

    Terkendala BBH tidak keluar sedangkan teman² saya yang satu kampus sudah keluar semua

    ID KM : 7245226

    NIK : 7204015110030001

    Nama : fitri fadila

    Email : fitrifadila.muhammadsakir@gmail.com

    No. Whatsapp/HP : 08226267832

    Asal PT : Universitas Tadulako

    Peran/posisi: Mahasiswa
    NIM : A41121050
    Sub kategori: bbh belum keluar tetapi teman-teman saya sudah keluar semua bahkan sampai dengan termin 2 tapi saya belum juga kunjung keluar, saya sudah melapor ke helpdesk beberapa kali tapi belum juga di tindak lanjuti sampai saya melapor ke whatsapp tim kampus mengajar tapi tidak juga di respons, ini bbh saya bagaimana memang tidak mau di kasih keluar atau bagaimana saya sudah bingung mau melapor kemana lagi soalnya sekitar 2 minggu lagi kami akan mengadakan festival dan kami membayar 500 ribu per orang , keluarga ku bukanlah orang beradaya jadi saya hanya mengandalkan uang bbh ini tolong tim kampus mengajar segera di tindak lanjuti pencairan bbh ku😭😭

    0
  • fajar

    Terkendala dengan semester yang salah Input, mohon untuk ditindak lanjuti laporan yang sudah diterima🙏

    8
  • Anindya Revina Larasati

    Terkendala untuk update terkait MSIB karena email tidak bisa log in dan kemungkinan di hack.

    Kampus Mengajar Angkatan 7

    Nama: Anindya Revina Larasati

    NIK : 3578216007030001

    Nama : Anindya Revina Larasati

    Email : anindyarevinaaa@gmail.com

    No. Whatsapp : 081252129494

    Asal PT : BINUS University

    NIM : 2501961773

    Peran/ Posisi : Mahasiswa

    Kendala: Email yang digunakan untuk account MSIB adalah email anindyarevinaaa@gmail.com. sedangkan email tersebut sekarang sudah tidak bisa di akses dikarenakan sistem verifikasi yang tidak dapat di akses walaupun sudah mencoba dengan berbagai cara. Dengan ini, saya meminta bantuan dari team MSIB untuk merubah email saya dalam sistem menjadi anindyarl20@gmail.com

    0

Please sign in to leave a comment.

Powered by Zendesk