Daftar Isi

Sebagai salah satu perwakilan Perguruan Tinggi dalam melaksanakan Program Kampus Mengajar Angkatan 8 Tahun 2024, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) perlu memenuhi persyaratan demi pemenuhan kualitas ketika menjalankan kegiatan Program Kampus Mengajar. Adapun beberapa persyaratan DPL adalah sebagai berikut: 

  1. Memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) atau Nomor Induk Dosen Khusus (NIDK);
  2. Dosen aktif pada program D3, D4 atau sarjana terapan, dan sarjana yang terakreditasi pada PTN atau PTS dalam Koordinasi Kemendikbudristek;
  3. Berkomitmen memberikan bimbingan dan melakukan pendampingan kepada Mahasiswa dan tidak sedang mengikuti Program MBKM lain; dan
  4. Mendapatkan rekomendasi untuk mengikuti Program Kampus                       

 

Berikut adalah hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam pendaftaran sebagai DPL: 

  1. Melakukan pendaftaran di laman Program MBKM https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program/mengajar.
  2. Memastikan data diri yang terdata di PDDikti (https://pddikti.kemdikbud.go.id/) dan mendaftar sebagai DPL Program Kampus Mengajar di laman Program MBKM.
  3. Mengisi data diri secara lengkap pada laman Program MBKM.
  4. Memperoleh dan mengunggah Surat Rekomendasi dari pimpinan Perguruan Tinggi.
  5. Membuat dan mengunggah Surat Pakta Integritas.
  6. Mengunggah dokumen pengalaman pembimbingan Mahasiswa (jika ada).
  7. Memastikan membubuhkan tanda centang (√) pada Pernyataan Komitmen Dosen dalam mengikuti Program Kampus Mengajar.

Untuk melakukan pendaftaran, silakan ikuti panduannya pada artikel di bawah ini:

 

Tanya Jawab

Tanya: Apa yang harus dipastikan ketika DPL ingin mendaftar Program Kampus Mengajar?

Jawab: Sebelum mendaftar, DPL harus memastikan data di PDDikti sudah benar (nama, NIDN/NIP, NIK, dan tempat tanggal lahir). Untuk mengetahui informasi data di PDDikti, silakan cek di laman dengan tautan https://pddikti.kemdikbud.go.id


Tanya: Jika saya pernah menjadi DPL di Program Kampus Mengajar Angkatan sebelumnya, apakah saya dapat mendaftar kembali untuk Program Kampus Mengajar Angkatan 8?

Jawab: Anda dapat melakukan pendaftaran kembali. Silakan mendaftar Program Kampus Mengajar Angkatan 8 di laman Program MBKM.

 

Tanya: Jika sebelumnya saya sudah punya akun MBKM dan sudah mendaftar Program Kampus Mengajar angkatan sebelumnya namun belum lolos, apakah saya harus membuat akun baru jika ingin mendaftar di Kampus Mengajar Angkatan 8?

Jawab: Anda tidak perlu membuat akun baru, Anda dapat menggunakan akun yang sudah pernah dibuat untuk mendaftar kembali di Program Kampus Mengajar Angkatan 8.

 

Tanya: Jika sebelumnya dosen sudah pernah mendaftar Kampus Mengajar angkatan sebelumnya dan dinyatakan lolos namun mengundurkan diri, apakah dapat mendaftar kembali di Kampus Mengajar Angkatan 8?

Jawab: Anda masih dapat mendaftarkan diri kembali dengan mempertimbangkan alasan pengunduran diri sebelumnya. Hal ini diperlukan agar tidak terjadi hal yang sama secara berulang.

 

Tanya: Apa yang akan didapatkan oleh DPL saat mengikuti Program Kampus Mengajar?

Jawab: DPL akan mendapat pengalaman pengabdian yang luar biasa dalam pendampingan mahasiswa. Selain itu, DPL yang menyelesaikan program dengan baik akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti kegiatan pembimbingan terhadap kelompok mahasiswa serta mendapatkan insentif tambahan yang akan dibayarkan selama program berlangsung.


Tanya: Apa saja peran dari DPL?

Jawab:

  1. Melakukan koordinasi dengan pemangku kepentingan di wilayah setempat antara lain Koordinator PT, Balai Besar/Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BB/BPMP), Balai Besar/Balai Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BB/BPPMPV), Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota, Kepala Sekolah, serta Guru Pamong secara luring dan daring. 
  2. Melakukan koordinasi atau komunikasi dengan pihak sekolah terkait penugasan mahasiswa.
  3. Membimbing dan memonitor mahasiswa yang mengikuti Program Kampus Mengajar dari awal hingga akhir masa penugasan dalam bentuk kegiatan sharing session minimal 2 minggu sekali.
  4. Mereviu, memberikan umpan balik, dan memberikan persetujuan untuk seluruh laporan mahasiswa melalui laman Program MBKM tepat waktu. 
  5. Memberikan penilaian kepada Mahasiswa bimbingan sesuai waktu yang ditentukan.
  6. Mengisi laporan bulanan dan laporan akhir di laman Program MBKM. 

 

Tanya: Apakah ada ketentuan terkait rekening untuk pembayaran insentif DPL?

Jawab: DPL wajib memiliki rekening atas nama pribadi dan disarankan menggunakan rekening Bank Mandiri (jika ada).


Tanya: Apakah DPL Kampus Mengajar dapat merangkap menjadi Koordinator Perguruan Tinggi untuk Program Kampus Mengajar maupun program lainnya di Kampus Merdeka?

Jawab: DPL hanya diperbolehkan untuk mengambil satu peran di dalam Program Kampus Merdeka untuk memaksimalkan hasil program.


Tanya: Apakah dokumen yang akan dikirimkan wajib untuk dicetak terlebih dahulu?

Jawab: Seluruh dokumen dapat ditandatangani dengan dicetak terlebih dahulu, namun dalam proses pengunggahan di laman Program MBKM, Anda dapat melakukan pemindaian (scan) dokumen persyaratan dan kemudian baru diunggah ke laman pendaftaran Kampus Mengajar Angkatan 8. Untuk panduan pendaftaran, silakan klik di sini.


Tanya: Apakah pendaftaran Program Kampus Mengajar hanya berfokus di beberapa wilayah Indonesia saja?

Jawab: Tidak, Program Kampus Mengajar berlaku untuk calon peserta di  seluruh wilayah di Indonesia yang memenuhi syarat & ketentuan. Artinya, seluruh Mahasiswa atau perguruan tinggi yang memenuhi syarat berhak untuk berpartisipasi dan tidak ada perbedaan baik untuk wilayah Indonesia bagian barat, tengah, maupun timur.

 

Tanya: Apakah dosen Sekolah Tinggi Kesehatan bisa turut mendaftar sebagai DPL?

Jawab: Untuk Sekolah Tinggi Kesehatan di bawah Kemendikbudristek boleh mendaftar sebagai DPL.

 

Tanya: Apakah ada batasan maksimal usia untuk mendaftar sebagai DPL?

Jawab: Tidak ada batasan usia. Anda dapat mendaftar selama masih berstatus sebagai dosen aktif dan mendapat rekomendasi dari Perguruan Tinggi.

 

Tanya: Jika pada pendaftaran ada file dokumen yang salah atau rusak namun sudah terlanjur terkirim, apakah bisa dilakukan pendaftaran ulang?

Jawab: Semua data yang telah terkirim tidak dapat diubah atau diunggah ulang. Karena itu, mohon pastikan kesesuaian seluruh dokumen yang telah diunggah sebelum mengirim (submit) formulir pendaftaran.

 

Dokumen yang wajib diunggah DPL untuk pendaftaran:

  • Surat Rekomendasi Dosen dari Pimpinan Perguruan Tinggi
    Download pada link di bawah artikel ini
  • Surat Pakta Integritas
    Download pada link di bawah artikel ini
Sebelumnya
Selanjutnya
4418834170649

Komentar

0 comments

Please sign in to leave a comment.

Powered by Zendesk