Daftar Isi

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kampus Mengajar bertugas untuk memeriksa dan memberi umpan balik pada Laporan Bulanan dan Laporan Akhir yang dilengkapi oleh Mahasiswa bimbingan. Berikut penjelasan dari masing-masing laporan yang dibuat Mahasiswa:

  1. Laporan Bulanan
    Laporan yang dibuat oleh Mahasiswa setiap bulan selama kegiatan penugasan berlangsung. Isi laporan satu kelompok tidak boleh sama dan diunggah di laman MBKM secara individu.
  2. Laporan Akhir
    Laporan tahapan akhir yang dibuat Mahasiswa pada saat menjelang selesainya penugasan yang terdiri dari laporan individu dan laporan kelompok.
    • Laporan individu adalah laporan deskripsi berisi program kerja yang sudah dilakukan, refleksi dan evaluasi selama penugasan yang sudah dilakukan oleh mahasiswa
    • Laporan kelompok terdiri dari Power Point program kerja yang sudah dilaksanakan oleh kelompok dan video rangkaian kegiatan penugasan di sekolah.

Sebelum memulai memeriksa Laporan Mahasiswa, ketahui penjelasan status Laporan Mahasiswa yang tersedia di platform MBKM berikut:

  • Belum diisi: Mahasiswa belum melengkapi laporan.
  • Perlu diperiksa: Laporan sudah dilengkapi Mahasiswa namun belum diperiksa oleh DPL.
  • Dalam Perbaikan: Laporan telah diperiksa oleh DPL namun berdasarkan umpan balik dari DPL, laporan tersebut perlu direvisi oleh Mahasiswa.
  • Sudah Diperiksa: Laporan telah diperiksa dan disetujui oleh DPL.

Berikut langkah-langkah dalam memeriksa Laporan Mahasiswa:

 

1. Login ke akun Dosen Anda pada website utama Kampus Merdeka https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/

2. Masuk ke menu “Kegiatanku”.

3. Muncul halaman ‘Rincian Program’. Scroll ke bawah dan pilih program sesuai Angkatan Anda (contoh: Kampus Mengajar Angkatan 7 Tahun 2024). Pilih menu "Manajemen Mahasiswa & Laporan".

4. Pada laman ini, Anda akan melihat daftar Mahasiswa peserta Kampus Mengajar yang berada di bawah bimbingan Anda. Berikut penjelasan kolom “Status” yang tersedia pada laman ini:

  • Jika ada laporan yang belum Anda periksa, maka akan muncul status jumlah laporan yang belum diperiksa. Contoh status di gambar: 1 laporan belum diperiksa
  • Jika semua laporan sudah diperiksa, maka akan berstatus “Semua laporan sudah diperiksa”.

Klik “Selengkapnya” untuk memeriksa laporan Mahasiswa.

manajemen_mahasiswa_dan_laporan_-_Selengkapnya.png

5. Silakan periksa laporan Mahasiswa yang masih berstatus “Perlu Diperiksa”.

6. Periksa laporan Mahasiswa yang terlampir di sebelah kiri laman. Kemudian pilih jawaban dari “Apakah laporan ini perlu direvisi?”: 

  • Klik “Ya” jika ada masukan atau hal yang perlu direvisi oleh Mahasiswa.
  • Klik “Tidak, sudah lengkap” jika laporan Mahasiswa sudah sesuai dan lengkap.
Apakah_laporan_perlu_direvisi.png

7A. Jika Anda sebelumnya klik “Ya” yang berarti Anda ingin mengajukan revisi laporan ke Mahasiswa, maka Anda wajib menuliskan catatan revisi pada kolom yang tersedia. Catatan tersebut akan dikirim ke Mahasiswa sebagai referensi revisi. 

Jika sudah menuliskan revisi, klik “Simpan” dan status laporan akan berubah menjadi “Dalam Perbaikan”.

Dalam_perbaikan.png

7B. Apabila Anda sebelumnya klik “Tidak, sudah lengkap”, maka Anda dapat klik “Simpan” kemudian status laporan Mahasiswa akan berubah menjadi “Sudah diperiksa”.

Dalam_perbaikan.png

 

Laporan yang telah Anda periksa sudah tidak bisa diubah kembali. Karena itu, pastikan untuk selalu mengecek terlebih dahulu sebelum mengirimkan penilaian laporan.

Apabila Anda mengalami kendala, silakan hubungi kami melalui tombol Pusat Bantuan yang dapat Anda temukan pada bagian bawah kanan laman ini.

Sebelumnya
Selanjutnya
8138729319961

Komentar

0 comments

Please sign in to leave a comment.

Powered by Zendesk