Daftar Isi

MSIB memberikan mobilisasi 1 (satu) kali perjalanan pergi dan pulang (PP) atau mobilisasi keberangkatan dan mobilisasi kepulangan. 

Mobilisasi atau transportasi keberangkatan dan kepulangan Mahasiswa MSIB akan disediakan oleh tim MSIB khusus untuk Mahasiswa kegiatan Magang dengan metode luring yang berpindah dari alamat sesuai KTP/alamat perguruan tinggi ke lokasi kegiatan Magang sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

 

Syarat dan Ketentuan

  1. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan Magang dengan metode luring (offline) yang berpindah dari alamat sesuai KTP/alamat perguruan tinggi ke lokasi kegiatan Magang.
  2. Nama Mahasiswa tercantum pada Surat Keputusan (SK) yang diterbitkan oleh pihak MSIB.
  3. Pengajuan tiket transportasi dilakukan oleh Mitra kepada pihak MSIB dengan data yang dipastikan sudah valid dan benar sesuai dengan tenggat waktu yang telah ditentukan. Data yang sudah dilengkapi dan sudah dikirim ke tim MSIB tidak bisa diubah kembali, oleh karena itu jika ada kesalahan pengisian data maka menjadi tanggungjawab Mitra. Mahasiswa disarankan untuk tetap berkoordinasi erat dengan Mitra terkait pengisian data mobilisasi tersebut.
  4. Provinsi keberangkatan sesuai dengan alamat di KTP atau alamat perguruan tinggi.
  5. Provinsi kepulangan harus sama dengan provinsi keberangkatan.
  6. Transportasi yang dapat diajukan yaitu moda transportasi udara (pesawat dengan kelas non premium atau ekonomi) dan atau kereta api (selain kereta wisata).
  7. Pengajuan mobilisasi oleh Mitra maksimal dilakukan sesuai dengan linimasa yang telah ditentukan. Jika lebih dari tenggat waktu tersebut, maka biaya mobilisasi tidak dapat ditanggung pihak MSIB.

 

Alur Mobilisasi antara Mitra, tim MSIB, dan Mahasiswa

 

Persiapan Mahasiswa untuk Mobilisasi

Sebelum Mobilisasi Saat Pelaksanaan Mobilisasi Setelah Mobilisasi
  • Bagi Mahasiswa yang menggunakan pesawat, disarankan melakukan web check in (24 jam hingga 2 jam sebelum jadwal keberangkatan)
  • Foto atau scan boarding pass sudah bisa dilakukan sebelum mobilisasi (Khusus Mahasiswa yang telah melakukan check in online)
  • Foto atau scan Boarding Pass dan simpan baik-baik
  • Menyiapkan KTP (hard dan soft copy)
  • Mencetak Boarding Pass
  • Soft file boarding pass dijadikan satu dalam format pdf
  • Kirim soft file boarding pass ke PIC Mitra masing-masing, maksimal H+2 setelah pelaksanaan mobilisasi
  • Unggah boarding pass melalui platform MBKM, maksimal H+1 setelah pelaksanaan mobilisasi. Apabila Mahasiswa tidak melakukan unggah boarding pass maka Mahasiswa berkewajiban mengembalikan dana mobilisasi yang telah  dilakukan. Berikut panduannya Unggah Dokumen Bukti Penggunaan Tiket
  • Melaporkan kedatangan/kepulangan pada orang tua, Mitra, Koordinator PT, dan Dosen

 

Masing-masing Mitra juga akan diminta untuk konfirmasi kedatangan dan kepulangan Mahasiswa.

 

Tambahan informasi terkait Mobilisasi untuk Mahasiswa: 

  1. Jika ada reschedule pesawat yang berpengaruh pada tiket connecting dengan moda kereta, dimohon mahasiswa melakukan reschedule dengan biaya mandiri melalui aplikasi atau counter KAI. Pastikan mahasiswa menyesuaikan dengan jadwal penerbangan pesawat
  2. Mahasiswa direkomendasikan untuk check-in online terlebih dahulu sebelum melakukan keberangkatan
  3. Mahasiswa diwajibkan membawa kartu identitas berupa KTP dan membawa tiket yang diberikan oleh MSIB saat keberangkatan mobilisasi
  4. Mahasiswa diwajibkan melakukan konfirmasi apabila terdapat perbedaan data yang ada pada tiket dengan data yang diajukan ke mitra
  5. Mahasiswa yang tidak jadi melakukan mobilisasi diwajibkan menghubungi dan melakukan konfirmasi ke mitra. Akan tetapi, jika tiket telah issued mahasiswa diwajibkan menggunakan tiket tersebut. Jika tidak mahasiswa akan dikenakan refund/pengembalian dana tiket
  6. Apabila Bandara/Stasiun yang diajukan tidak tersedia di menu travel agent, maka mahasiswa akan dialihkan ke Bandara/Stasiun terdekat

Cara Unggah Boarding Pass

Silakan melihat syarat lainnya dan panduan berupa langkah-langkah unggah boarding pass di artikel berikut: Unggah Dokumen Bukti Penggunaan Tiket

Linimasa Mobilisasi Keberangkatan Mahasiswa  MSIB 6

  • Pemesanan & Distribusi Tiket: 02 Februari - 6 Maret 2024
  • Persiapan Keberangkatan Mahasiswa: 25 Februari - 08 Maret 2024
  • Pelaksanaan Keberangkatan: 26 Februari - 08 Maret 2024

Linimasa Mobilisasi Kepulangan Mahasiswa MSIB 6

  • Pengumpulan Data Mobilisasi: 13-17 Mei 2024
  • Pengajuan Data Mobilisasi: 20-28 Mei 2024
  • Verifikasi & Revisi Data Mobilisasi: 27-31 Mei 2024
  • Pemesanan & Distribusi Tiket: 29 Mei 2024 hingga max H-2 kepulangan
  • Unggah Bukti Mobilisasi (Boarding Pass): 25 Juni 2024 - 12 Juli 2024
  • Mobilisasi Kepulangan Mahasiswa: 
    • Gelombang 1: 25 Juni - 30 Juni 2024
    • Gelombang 2: 01 Juli - 08 Juli 2024

 

Tanya & Jawab Seputar Mobilisasi

  • Siapa saja Mahasiswa yang mendapatkan biaya/tiket mobilisasi?
    Mahasiswa kegiatan Magang (luring) yang berpindah dari sesuai alamat KTP/Perguruan Tinggi ke lokasi Magang. Syarat dan ketentuan berlaku sesuai dengan yang tercantum di atas.
  • Apakah Mitra bisa membelikan tiket kemudian mengajukan reimburse, atau semua akan diarahkan melalui travel agent?
    Tidak ada reimburse, semua pembelian tiket akan diarahkan melalui travel agent yang telah bekerjasama dengan tim MSIB.

  • Moda transportasi apa saja yang akan disediakan oleh tim MSIB dan travel agent?
    Pesawat (ekonomi) dan/atau kereta api (eksekutif/bisnis/ekonomi).

  • Apakah tiket yang sudah dipesan boleh di-reschedule karena Mahasiswa mengalami hal yang darurat (seperti positif Covid atau ada keluarga inti yang meninggal dunia)?
    Bisa jika ada keadaan darurat dengan menyertakan surat keterangan dan bukti dokumen yang relevan. Namun, jika ada biaya reschedule sepenuhnya ditanggung Mahasiswa.
    Sebagai catatan, reschedule hanya diperbolehkan maksimal H+7 dari jadwal awal. Apabila melebihi dari ketentuan tersebut, maka biaya tiket ditanggung oleh Mahasiswa/pelaku perjalanan. Pastikan Mahasiswa menyimpan bukti reschedule. Jika melakukan reschedule pada KAI Access, wajib melampirkan bukti pembayaran.

  • Jika Mahasiswa menggunakan kendaraan pribadi, apakah bensin akan ditanggung?
    Biaya bensin tidak ditanggung oleh pihak MSIB.

  • Apakah setiap Mahasiswa yang sudah berhasil diberangkatkan harus melapor ke Mitra dan tim MSIB?
    Iya, Mahasiswa yang sudah sampai di tujuan wajib melaporkan kepada Mitra dan tim MSIB dengan cara:
    • Kirim boarding pass ke PIC Mitra
    • Unggah boarding pass melalui platform MBKM H+1 setelah keberangkatan/kepulangan pada menu Kegiatan Aktif, di bagian Bukti Laporan Keberangkatan atau Bukti Laporan Kepulangan.

  • Apakah Mahasiswa yang sudah difasilitasi keberangkatannya juga akan mendapatkan tiket kepulangan?
    Iya, Mahasiswa tersebut akan mendapatkan tiket kepulangan yang telah didaftarkan oleh Mitra.

  • Apakah Mahasiswa yang mobilisasi mendapatkan biaya untuk Swab/PCR?
    Tim MSIB tidak menyediakan biaya Swab/PCR.

  • Bagaimana jika boarding pass hilang atau rusak?
    Silakan lihat informasi selengkapnya di artikel Unggah Dokumen Bukti Penggunaan Tiket
Sebelumnya
Selanjutnya
29190340789401

Komentar

0 komentar

Harap masuk untuk memberikan komentar.

Didayai oleh Zendesk